Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Sunday, June 23, 2013

FUNGSI dan PERAN JAKARTA



Dalam perkembangannya, Kota Jakarta tidak hanya menjadi simbol sebagai ibukota negara. Kota Jakarta memiliki fungsi dan peran yang lebih besar lebih dari sekedar menjadi ibukota Indonesia. Berbagai pergerakan ekonomi, politik dan segala kebijakan terkait Indonesia dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kota ini. Hal ini terbukti ketika banjir yang melanda Jakarta Desember lalu menyebabkan gangguan perekonomian bangsa. Secara administrasi, kota Jakarta berfungsi sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kota Jakarta merupakan satu kota megapolitan yang setiap perubahannya dapat memengaruhi kebijakan di kota-kota lainnya di Indonesia. Hal ini juga disebabkan karena Jakarta merupakan wilayah pusat kegiatan nasional. Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan kota Internasional di Indonesia. Oleh sebab itu penting adanya perencanaan yang berkelanjutan di kota ini. Pertumbuhan populasi dan perkembangan teknologi yang signifikan menjadikan Jakarta membutuhkan sarana dan prasarana untuk menunjang percepatan pembangunannya. Saat ini telah dilakukan segenap upaya untuk memaksimalkan peran Jakarta sebagai ibukota negara seperti melakukan percepatan pembangunan yang bertujuan untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah-masalah yang timbul di dalam masyarakat. Percepatan pembangunan di kota Jakarta juga berfungsi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.
Dalam hal pemenuhan kebutuhan dasarnya dalam pencapaian pembangunan yang simultan, Jakarta secara logis akan mengeluarkan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) terbesar di Indonesia. Meskipun kota ini minim dalam hal sumber daya alamnya, kota Jakarta memiliki fungsi yang dapat mendukung kemajuan grafik pembangunannya. Jakarta yang menjadi pusat kegiatan nasional dan pusat perdagangan serta distribusi berbagai jenis industri dan bisnis menjadikan kota ini berfungsi sebagai kota jasa. Hanya saja, kota Jakarta perlu belajar lebih banyak dari Singapura yang telah maju selangkah menjadi kota jasa nomor 1 di dunia dengan memaksimalkan peranan sumber daya manusia-nya. Adapun penjabaran DKI Jakarta sebagai kota jasa (service city) adalah karena kota ini melayani segala kebutuhan masyarakat dan pusat pelayanan di Indonesia. Selain itu jasa perdagangan dan distribusi ke seluruh Indonesia senantiasa menjadi fungsi dari kota ini. Jakarta dianggap sebagai service city karena daerah ini merupakan pusat keuangan, pariwisata, pelatihan dan informasi masyarakat Indonesia. Meskipun pada hakikatnya di Indonesia sendiri terdapat ratusan ribu pulau yang dapat dijadikan tempat pariwisata, perdagangan dan pelatihan. Namun, Jakarta-lah yang memegang andil sebagai acuan setiap standar operasi terkait perdagangan, pariwisata, pelatihan, informasi dan pelayanan masyarakat Indonesia (Propeda Propinsi DKI Jakarta 2002-2007).

No comments:

Post a Comment

Entri Populer